Bacaan Ayat Kursi: Fadhilah atau Keutamaan Mengamalkannya

Bacaan Ayat Kursi – Di antara sekian ribu ayat yang terkandung dalam kitab suci Alquran, Ayat Kursi yang tidak lain adalah ayat ke-255 surah Al-Baqarah, merupakan salah satu yang paling sering disebut-sebut dalam berbagai hadits karena keutamaannya yang melebihi ayat-ayat lain.

Di dalam Ayat Kursi sendiri terdapat 3 macam ajaran tauhid, yakni tauhid rububiyah, tauhid uluhiyah, serta tauhid nama dan sifat Allah.

Begitu agungnya ayat ini, Rasulullah dalam sebuah hadits sahih bahkan menyebutkan bahwa ia merupakan ayat teragung yang terdapat dalam Al-Quran. Masya Allah…

Bacaan Ayat Kursi dan Artinya

ayat-kursi-dalam-al-quran

islamidia.com

Berikut ini adalah bacaan Ayat Kursi beserta artinya (berdasarkan Qur’an Terjemah Tafsiriyah):

اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ، لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ، لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ، مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ، يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ، وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ، وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا، وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

“Allah adalah Tuhan. Tidak ada tuhan selain Allah. Allah Maha Hidup lagi Maha Pengatur. Allah tidak tersentuh oleh kantuk dan tidak pula tidur, sehingga tidak pernah lengah. Semua yang ada di langit dan di bumi hanyalah milik Allah. Siapakah yang dapat memberikan pembelaan di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui semua perbuatan manusia ketika masih hidup serta pengaruh yang ditinggalkan sesudah mereka mati. Manusia sama sekali tidak mengetahui sedikit pun tentang ilmu Allah. Manusia hanya mengetahui ilmu yang Allah kehendaki diberikan kepadanya. Singgahsana Allah luas meliputi semua langit dan bumi. Allah tidak sulit untuk memeliharanya. Allah Maha Tinggi kekuasaan-Nya lagi Maha Agung kedudukan-Nya.” (QS. Al Baqarah: 255)

Apa Saja Keutamaan Ayat Kursi?

Seperti yang sudah disebutkan di awal, ayat ini merupakan ayat istimewa yang sangat diagungkan oleh Rasulullah.

Tidak heran memang, sebab ayat ini memiliki banyak sekali keutamaan atau fadhilah yang sangat bermanfaat bagi siapa saja yang mengamalkannya, di antaranya:

Ayat Paling Agung dalam Alquran

Suatu hari, Rasulullah mengajukan satu pertanyaan kepada salah seorang sahabatnya, Ubay bin Ka’ab, “Ayat mana yang paling agung dalam kitabullah?” Ubay menjawab, “Ayat kursi.” Maka Rasulullah SAW menepuk dada Ubay dan berkata, “Wahai Abu Mundzir, semoga engkau berbahagia dengan ilmu yang engkau miliki.” (HR. Muslim).

Ayat Kursi sendiri disebut sebagai ayat yang paling agung karena di dalamnya terdapat nama Allah yang paling agung, yakni Al Hayyu dan Al Qayyum.

Keagungannya Melebihi Langit dan Bumi

Rasulullah SAW pernah bersabda, “Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya Ayat Kursi (karena di dalam ayat tersebut telah mencakup nama dan sifat Allah)

Sufyan ats-Tsauri lalu berkata, “Sebab ayat kursi merupakan (salah satu) kalamullah (perkataan Allah), sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi.” (HR. At-Tirmidzi)

Bacaan Zikir yang Disarankan untuk Dibaca Sebelum Tidur

Selain bacaan seperti 3 surat pertama pada juz 30, bacaan Ayat Kursi juga merupakan bacaan yang sangat disarankan untuk selalu diamalkan menjelang tidur. Seperti dalam hadits yang diriwayatkan Al-Bukhari:

Rasulullah  bersabda, “Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga pagi.

Salah Satu Amalan Penyebab Masuk Surga

Barang siapa yang merindukan surga sebagai tempat tinggalnya kelak, hendaklah ia mengamalkan Ayat Kursi dengan rutin, karena sesuai sabda Nabishallallahu ‘alaihi wasallam yang berbunyi:

Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi setelah selesai shalat, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian.” (HR. An Nasa-i, dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani)

Kapan Sebaiknya Membaca Ayat Kursi?

Memang, tidak ada ketentuan kapan Ayat Kursi boleh dibaca, akan tetapi, Rasul sangat menyarankan umatnya untuk mengamalkan bacaan Ayat Kursi pada waktu-waktu ini:

Ketika Pagi dan Petang

Dari Ubay bin Ka’ab, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda,

Siapa yang membacanya (Ayat Kursi) ketika petang, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga pagi. Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi hingga petang.” (HR. Al Hakim 1: 562. Syaikh Al Albani menshahihkan hadits tersebut dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib no. 655)

Menjelang Tidur Malam

Siapa saja yang ingin tidurnya dijaga oleh Allah dari setan, cobalah untuk rutin mengamalkan Ayat Kursi menjelang tidur, sesuai dengan hadits riwayat Bukhari nomor 4624:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menugaskanku untuk menjaga harta zakat. Lalu pada suatu hari ada seseorang yang menyusup hendak mengambil makanan, maka aku pun menyergapnya seraya berkata, “Aku benar-benar akan menyerahkanmu kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam..”

Lalu ia bercerita dan berkata, “Jika kamu hendak beranjak ke tempat tidur maka bacalah ayat kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga pagi.”

Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pun bersabda: “Ia telah berkata benar padamu, padahal ia adalah pendusta. Si penyusup tadi sebenarnya adalah setan.”

 

Usai Salat 5 Waktu

Selain bacaan zikir yang biasa dilafalkan usai salat, mulailah untuk menyisipkan Ayat Kursi di antara zikir tersebut. Dari Abu Umamah, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda,

Siapa membaca ayat Kursi setiap selesai shalat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian.” (HR. An-Nasai dalam Al Kubro 9: 44. Hadits ini dinyatakan shahih oleh Ibnu Hibban, sebagaimana disebut oleh Ibnu Hajar dalam Bulughul Maram).

Nah, itu dia keutamaan atau fadhilah Ayat Kursi. Semoga kita semua senantiasa diberi kemampuan untuk terus mengamalkannya, ya. Aamiin.

  • Add Your Comment