Beginilah Gambaran Bidadari Surga Menurut Islam

Gambaran Bidadari Surga – Allah telah menjanjikan bidadari surga sebagai kenikmatan bagi setiap hambanya yang bertaqwa dan beriman. Surga ini adalah tempat terindah yang telah disiapkan Allah SWT bagi hambanya yang  lulus cobaan dalam kehidupan dunia.

Dalam Quran sering disebutkan kenikmatan yang akan diperoleh di surga yang dijanjikan Allah kepada orang-orang yang beriman, karena surga merupakan tempat bersenang-senang dalam keridhaan-Nya. Ini sama sekali berbeda dengan dunia sebagai tempat ujian dan cobaan.

Gambaran Bidadari Surga Menurut Islam

1. Wanita yang Suci

Bidadari di surga ini digambarkan dalam Surah Al-Baqarah ayat 25, adalah  wanita yang tidak mengalami menstruasi, tidak nifas, buang air kecil, buang air besar, meludah, keluar ingus, dan kotoran wanita dunia lainnya.

Selain itu hatinya suci dari akhlak buruk, lisannya dijaga dari kata-kata kotor, cintanya suci karena hanya tertarik kepada suaminya. Demikian pula pakaiannya suci dari najis dan kotoran.

2. Cantik Lahir Batin

Dalam Surah Ar-Rahmaan ayat 70, Allah berfirman bahwa di surga terdapat bidadari yang baik akhlaknya lagi cantik parasnya. Terkumpul kecantikan lahir dan batin pada bidadari surga itu.

3. Dipingit dalam Rumah

Sementara dalam surat Ar-Rahman 72, dikatakan bahwa rumah para bidadari surga itu terbuat dari mutiara. Bidadari-bidadari surga yang kulitnya putih bersih itu menyiapkan diri untuk suami mereka.

Mereka pun hanya keluar untuk berjalan-jalan di kebun dan taman surga, seperti para putri raja.

4. Menundukkan Pandangannya

Bidadari surga digambarkan dalam surat Ar-Rahmaan 56-58, mereka menundukkan pandangan dan hanya terpusat pada suaminya. Mereka tidak memandang pria lain serta tidak tertarik selain suaminya.

Selain itu mereka juga menjaga untuk tidak keluar rumah mengumbar aurat pada pria selain suami mereka.

5. Berbadan Indah dan Sebaya

Bidadari surga berdasar surat An-Naba’ 31-33, digambarkan perumpamaan mereka berbadan indah dan diciptakan dengan umur sebaya pada usia puncak kematangan sekira usia 33 tahun. Mereka adalah gadis-gadis yang diciptakan selalu perawan yang sama umurnya dan tidak pernah tua.

6. Belum Pernah Ada sebelumnya

Dalam surat Al-Waqiah ayat 35-37, Allah berfirman bahwa bidadari surga adalah wanita yang diciptakan secara langsung, tidak melalui proses kelahiran, dan belum pernah ada di dunia sebelumnya.

Selain itu, para bidadari di surga itu diciptakan dengan bentuk dan sifat yang paling sempurna dan  tidak dapat binasa.

7. Kecantikan yang Sempurna dan Mata Berbinar

Dalam surat Ad-Dukhan ayat 51—54, Bidadari di surga digambarkan sebagai wanita yang jelita dengan kecantikan yang sempurna luar biasa. Mereka memiliki mata yang jeli dan berbinar.

8. Belum Pernah Disentuh

Fakta bahwa mereka perawan  karena para bidadari surga ini belum pernah dinikahi dan disentuh oleh manusia, sebelum penghuni surga yang menjadi suami mereka dalam surat Ar-Rahman 56.

9. Menjaga Kehormatan Diri

Para bidadari surga adalah wanita-wanita yang menjaga kehormatan dirinya, tidak memandang lelaki kecuali suami mereka. Bidadari yang tidak liar pandangannya dan jeli matanya.

Ibarat mutiara yang tersimpan, bermata indah, lebar, dan berbinar. Ini semua  termaktub dalam surat Ash-Shaffat ayat 48—49.

10. Harumnya Semerbak

Dalam Hadits yang riwayat Bukhari dan Muslim digambarkan bahwa bidadari penghuni surga baunya harum sangat semerbak. Bisa diibaratkan seorang bidadari surga bila diturunkan ke bumi harum tubuhnya akan memenuhi langit dan bumi.

11. Kecantikan Fisiknya Tidak Ada yang Menyerupai di Bumi

Dalam Hadits Rasulullah SAW menggambarkan kecantikan fisik dari bidadari surga yaitu wajahnya sangat bercahaya seperti rembulan dan bintang.

Supermoon 14 November 2016

facebook.com

Demikianlah gambaran bidadari surga menurut Islam.  Akal manusia memang tidak mampu untuk membayangkannya dengan jelas, meskipun banyak diceritakan bagaimana keindahan bidadari penghuni surga di dalam Quran dan Hadits.

Wanita Surga Lebih Baik dari Bidadari

Perlu diingat, setelah mengetahui keseluruhan akhlak bidadari dan sifat fisiknya, bukan berarti bidadari itu lebih baik daripada para wanita surga.

Wanita surga adalah wanita yang pernah hidup di dunia, mereka beribadah di dunia sehingga Allah menganugerahkannya surga di akhirat.

Berikut ini adalah beberapa keterangan tentang kelebihan mereka dibanding makhluk bidadari surga.

1. Sebaik-baik Rupa

Jangan lupa bahwa Allah telah menciptakan seorang manusia dengan sebaik-baik rupa.

“Dan manusia telah diciptakan dengan sebaik-baik rupa.” (Qs. At-Tiin: 4)

2. Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya

Wanita-wanita surga mempunyai keutamaan yang begitu besar, seperti dalam hadits berikut.

“Sungguh tutup kepala salah seorang wanita surga itu lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Lebih Utama karena Ibadah

Menurut nabi Muhammad SAW yang menyatakan bahwa para wanita dunia lebih utama karena ibadah yang mereka lakukan selama di dunia.

“Wanita-wanita dunia lebih utama daripada bidadari-bidadari yang bermata jeli, seperti kelebihan apa yang tampak daripada apa yang tidak tampak.”

“Karena shalat mereka, puasa dan ibadah mereka kepada Allah. Allah meletakkan cahaya di wajah mereka, tubuh mereka adalah kain sutra, kulitnya putih bersih, pakaiannya berwarna hijau, perhiasannya kekuning-kuningan, sanggulnya mutiara dan sisirnya terbuat dari emas. Mereka berkata, ‘Kami hidup abadi dan tidak mati, kami lemah lembut dan tidak jahat sama sekali, kami selalu mendampingi dan tidak beranjak sama sekali, kami ridha dan tidak pernah bersungut-sungut sama sekali. Berbahagialah orang yang memiliki kami dan kami memilikinya.’.” (HR. Ath Thabrani)

Sebuah pernyataan indah dari Rasulullah yang semestinya membuat para wanita dunia, berusaha agar bisa menjadi wanita penghuni surga.

Sementara gambaran bidadari surga menurut Islam ini juga bisa menjadi motivasi para lelaki untuk menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Semoga Allah memberi taufik dan hidayah kepada kita untuk beramal yang dapat menyampaikan kepada ridha-Nya dan memasukkan kita dalam kemuliaan-Nya. Amin.

Referensi

  • http://www.alislamu.com/8160/pelayan-penghuni-surga/
  • http://asysyariah.com/bidadari-surga-dalam-penggambaran-al-quran/
  • http://webislami.com/seperti-apakah-gambaran-bidadari-surga-menurut-al-quran/
  • http://www.renunganIslam.com/2016/04/inilah-cerita-tentang-bidadari-di-surga.html
  • https://shirotholmustaqim.wordpress.com/2013/11/01/ciri-ciri-bidadari-surga-dalam-al-quran/
    1. Amin 8 October 2017

    Add Your Comment