Mengenal Sosok dari Ustadz Syafiq Basalamah

Berdakwah merupakan kewaiban bagi setiap umat muslim, terlebih bagi orang berpemahaman terhadap ajaran agama Islam. Namun, datangnya niat untuk memberi tuntunan merupakan suatu karunia dari Allah SWT, seperti yang dialami oleh Ustadz Syafiq Basalamah. Mari mengenal lebih jauh siapa sesungguhnya beliau itu.

Profil Ustadz Syafiq Basalamah

Memiliki nama lengkap Ustadz Dr. Syafiq Riza bin Hasan bin Abdul Qadir bin Salim Basalamah MA, merupakan keturunan dari timur tengah. Dalam salah satu ceramahnya, beliau menyebutkan bahwa Kakeknya adalah orang Yaman yang datang ke Teluk Bayur kemudian beristri suku Minang.

Dari Minang kemudian berpindah ke Jakarta sampai memiliki anak yang berada di Jember, salah satu keturunannya adalah Ustadz Syafiq Riza. Memang beliau tidak ada hubungan saudara kandung dengan Khalid Basalamah, hanya saja memiliki kesamaan dalam nama marga.

Marga Basalamah merupakan sebuah nama golongan keluarga dari jazirah Arab bagian Selatan, yaitu Hadramaut di Yaman. Mereka melakukan penyebaran Agama Islam lewat perdagangan atau pernikahan, karena paham pentingnya berdakwah seperti disebutkan dalam surat Fussilat ayat 33:

وَمَنْ اَحْسَنُ قَوْلًا مِّمَّنْ دَعَآ اِلَى اللّٰهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَّقَالَ اِنَّنِيْ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

“Dan siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah dan mengerjakan kebajikan dan berkata, “Sungguh, aku termasuk orang-orang muslim (yang berserah diri)?”

Kisah Perjalanan Pendidikan Ustadz Syafiq Basalamah

Ustadz Syafiq Basalamah merupakan seorang yang besar dalam lingkungan keagamaan, mulai dari latar belakang keluarga, hingga pendidikan beliau. Merupakan alumni salah satu pondok pesantren Al Irsyad di Bondowoso, juga seorang lulusan Universitas Islam Madinah.

Beliau lulus dengan desertasi berjudul Jahuudu Al Muassasaat wal Hai’aat Al Islaamiyah Fi Indonesia Fi At Tashoddi Li At Tanshiir (Usaha Organisasi dan Lembaga Islam di Indonesia dalam Membendung Kristenisasi).

Dalam kegiatan semasa kuliah, Ustadz Syafiq Riza Basalamah terkenal aktif dalam kegiatan keislaman. Di antaranya rajin mengikuti majelis Syekh Al Alamah Abdul Mukhsin bin Hamd Al ‘Abdad Badr, serta beliau banyak memberikan nasehat kepada juniornya agar gigih mempelajari ilmu agama.

Beliau menjalankan kuliah di fakultas dakwah dan ushuluddin. Dalam sidangnya yang bertempat di aula Munasaqoh. Ustadz Syafiq Riza Basalamah diberikan Mumtaz ‘Ala Darajah Syaraf Al Ula atau Summa Cumlaude. Kemudian diminta mencetak serta menerjemahkannya kedalam Bahasa Indonesia.

Kehidupan Setelah masa Pendidikan Ustadz Syafiq Basalamah

Beliau merupakan salah seorang Ustadz dakwah Sunnah berpaham salafi. Dalam kajian yang disampaikan selalu mendalam, detail dengan dasar penuh terhadap pembahasan dalil aqli serta naqli. Selepas kuliah kembali ke Jember serta mengajar di STDI Imam Syafii.

STDI adalah singkatan Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah bernama Imam Syafii, ini merupakan perguruan swasta dengan metode pengajaran Bahasa Arab. Ustadz Syafiq Riza Basalamah menjadi dosen serta membantu menerapkan kurikulum pembelajaran mirip Universitas Islam Madinah.

Selain itu Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah MA, merupakan penceramah tetap di stasiun Televisi dan Radio Rodja. Serta aktif dalam memberikan tausiyah melalui platform sosial media seperti channel Youtube, Facebook, maupun Instagram beliau. Sesuai sebuah hadits:

(مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرٍ فَاعِلِهِ (رواه مسلم

“Barang siapa yang menunjukkan kepada suatu kebaikan, maka baginya pahala seperti orang yang melaksanakannya”

Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah MA biasa diundang untuk mengisi pengajian-pengajian atau tausiyah dalam acara contohnya peringatan hari besar Islam, dalam kajian beliau biasa menerapkan konsep materi kuliah dengan tanya jawab kepada pendengar.

Salah satu Pengajian oleh Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah MA.

Kebanyakan tausiyah Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah MA menyampaikan perihal penguatan aqidah kepada anak-anak muda, karena menurutnya hal tersebut yang utama. Namun dalam poin ini akan membahas salah satu tema kajian beliau.

Tausiyah dilakukan pada tanggal 21 Juni 2014, bertempat di masjid Nurul Iman Jakarta Selatan. Tujuan mengutip materi pengajian ini karena mengambil tema “Musik Halal bagiku”. Hal tersebut menarik karena bagi sebagian ulama menghukuminya dengan haram.

Penjelasan ringkasan materi terkait tema tersebut, Ustadz Syafiq Riza Basalamah berceramah kurang lebih tentang maksud musik, serta mempertanyakan mengapa orang-orang mengharamkannya, padahal dapat membuat menghayal, tenang, serta membantu untuk tidur.

Beliau menegaskan bahwa mendengarkan suara burung berkicau saja hukumnya halal, lantas mengapa musik diharamkan. Ustadz Syafiq Riza Basalamah menyampaikan seorang muslim diharuskan belajar mengkaji karena selalu ada khilaf di antara ulama sehingga dapat memilih baiknya.

Metode dakwah yang digunakan Ustadz Syafiq Basalamah

Dalam metode kajian yang biasa dilakukan oleh Ustadz Syafiq Riza sama seperti Khalid Basalamah, yaitu dengan dakwah sunnah. Maksudnya merupakan konsep baru salafi dalam berceramah memegang teguh pedoman Al-Qur’an dan Hadits. Sesuai sabda Rosullullah:

تَرَكْتُ فِيْكُمْ شَيْئَيْنِ لَنْ تَضِلُّ بِعْدَهُمَا كِتِابُ اللهِ وَسُنَّتِيْ

“Aku tinggalkan di tengah-tengah kalian dua hal, kalian tidak akan tersesat setelah (kalian bepergian teguh pada) keduanya, Kitabullah dan Sunnahku.” [HR. At-Thabrani].

Dakwah sunnah yang dilakukan disepakati bersama oleh ustadz berpaham salafi lainnya. Mereka ingin menepis penilaian miring terhadap tausiyah salaf bahwa metodenya tidak sesuai jika diterapkan di Negara Indonesia.

Dakwah ala Basalamah dinilai cocok diterapkan dimanapun di seluruh dunia termasuk Indonesia, karena merupakan ajaran Islam yang murni, artinya segala hal termasuk hukum serta tindakan kembali kepada Al-Qur’an serta Hadits.

Lewat dakwah yang dilakukan tersebut banyak anak muda tergerak hatinya untuk berhijrah, ini dikarenakan  beliau berhasil mengisi celah mereka. Istilah modern untuk ceramahnya yaitu sekuler, artinya memisahkan antara agama dengan kehidupan sehari-hari.

Pengaruh Dakwah Ustadz Syafiq Basalamah

Dalam kajian Ustadz Syafiq Riza Basalamah MA memiliki tagline yaitu, di sini dimulai dan di surga berhenti. Maksudnya adalah, dengan membiasakan menghadiri majelis pembelajaran agama, semoga dapat berjumpa kembali dihadapan Allah SWT.

اِعْمَلْ لِدُنْيَاكَ كَأَنَّكَ تَعِيْشُ أَبَدًا وَاعْمَلْ لِآخِرَتِكَ كَأَنَّكَ تَمُوتُ غَدًا

“Bekerjalah untuk duniamu seakan kau hidup selamanya. Dan bekerjalah untuk akhiratmu seakan kau akan mati esok hari.”

Salah satu publik figure yang tertarik dengan kajian Ustadz Syafiq Riza Basalamah adalah Teuku Wisnu. Selain itu, juga ada mantan gitaris grup band Noah yaitu Mohammad Kautsar Hikmat atau biasa dipanggil Uki.

Uki sempat mencari-cari tempat ceramah Ustadz Syafiq Riza Basalamah, serta rela bepergian jauh demi mendengarkan serta untuk bisa bertemu beliau. Sampai dalam suatu kesempatan dirinya dapat bertatap muka.

Kisah yang diceritakan oleh Mohammad Kautsar Hikmat memaparkan jika dirinya mantap untuk hengkang dari Grup Band Noah serta dunia permusikan Indonesia. Hal tersebut karena dia merasakan gelisah soal musik dan terjawab oleh Ustadz Syafiq Basalamah.

Sosok Pribadi Ustadz Syafiq Riza Basalamah

Sikap baik yang dapat dicontoh dari sosok Ustadz Syafiq Basalamah MA adalah, dalam sehari-hari beliau ramah, serta mudah bergaul dengan sesama atau teman seumurannya. Beliau tidak pernah menunjukkan wajah sombong atau tinggi hati.

وَلَا تَمْشِ فِي الْأَرْضِ مَرَحًا ۖ إِنَّكَ لَنْ تَخْرِقَ الْأَرْضَ وَلَنْ تَبْلُغَ الْجِبَالَ طُولًا

“Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.” (Surat Al-Isra’ Ayat 37)

Ustadz Syafiq Basalamah banyak memberikan nasehat kepada teman-teman yang membutuhkan motivasi agar selalu bisa mengucap syukur pada segala sesuatu meskipun sebuah masalah, tidak boleh mengeluh dan tetap yakin hal tersebut berdampak baik.

Ustadz Syafiq Basalamah merupakan pribadi yang selalu gigih dalam mencari ilmu, terutama agama. Dibuktikan dengan prestasi semasa pendidikan beliau di Universitas Islam Madinah dengan predikat Summa Cumlaude.

Itulah tadi pembahasan mengenai Ustadz Syafiq Basalamah. Beliau merupakan salah satu tokoh dalam dakwah ajaran agama islam di Indonesia. Tentunya dengan mengenal lebih jauh mengenai pribadi maupun kisah biografinya dapat menjadikan motivasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *