Inilah 10 Peradaban Tertua di Dunia yang Tercatat Dalam Sejarah

Peradaban Tertua di Dunia – Beribu tahun sebelum Masehi, manusia telah hidup di bumi ini dan meninggalkan peradaban yang berkembang hingga kini. Peradaban dan kebudayaan masyarakat kuno ini tersebar di seluruh sudut dunia.

Lalu peradaban kuno apa saja yang ikut membangun peradaban dan kebudayaan di dunia saat ini? Inilah 10 di antaranya.

10 Peradaban Tertua di Dunia

Mesopotamia

Sejarah Mesopotamia dari bangsa Sumeria diyakini sebagai pusat peradaban tertua di dunia sekitar tahun 3300 – 750 SM. Ini karena belum ditemukan bukti telah ada peradaban sebelumnya. Mereka telah mempunyai kebudayaan yang tinggi dan mendirikan perkotaan.

Kehidupan perekonomian masyarakatnya adalah petani namun perdagangan juga berjalan baik. Bangsa Sumeria ini telah menyembah dewa.

Tulisan paku mereka menjadi dasar dari tulisan latin saat ini. Mereka telah membangun kuil dengan menara yang tinggi. Bangsa ini hidup makmur di wilayah Irak modern saat ini.

Peradaban Lembah Sungai Indus

Sekitar tahun 2800 SM–1800 SM, sebuah peradaban tinggi bernama Harappa ini, berada di Pakistan dan India dengan tata kota yang canggih. Asal mula peradaban India ini dari kebudayaan sungai India, mewakili dua kota peninggalan kuno yang terpenting dan tertua dalam peradaban sungai India.

Kedua kota di Lembah Indus ini mempunyai budaya urban canggih dan berteknologi maju sehingga menjadi pusat kota pertama di wilayah ini.

Bangsa Dravida, adalah penduduk pertama Lembah Indus, yang kemudian ditaklukan oleh bangsa Arya, bangsa Indo-Jerman dari Kaukasus.

Mesir

Peradaban Mesir Kuno merupakan salah satu peradaban tertua di dunia berada di sepanjang Lembah Sungai Nil di Mesir. Peradaban ini bertumpu pada pertanian dan sungai Nil merupakan urat nadinya.

Budaya Mesir kuno dikenal luar biasa dengan peninggalan yang menakjubkan seperti piramida, sphinx, dan kalender matahari yang membuktikan kemajuan mereka.

Peradaban Mesir bersatu sekitar 3150 SM ini merupakan peradaban Firaun. Puncak kejayaannya di zaman Kerajaan Baru, setelah Firaun Menes berhasil menyatukan dua kerajaan yaitu Mesir Hilir dan Mesir Hulu.

Maya

Suku Maya adalah suku yang dahulu hidup di Amerika Selatan. Peradaban Maya kuno ini berkembang menjadi yang tercanggih sekitar 2600 SM dan memiliki budaya yang kaya dibandingkan peradaban lain.

Kuil peninggalan yang menyerupai piramida bangsa Maya dan Aztec ini bahkan lebih besar dibandingkan piramida di Mesir.

Mereka sudah membuat kalender surya yang menyatakan dunia diciptakan pada tanggal 11 Agustus 3114 SM dan berakhir pada 21 Desember 2012. Oleh karenanya dunia sempat heboh bahwa pada tanggal 21 Desember 2012 akan terjadi kiamat.

Sayangnya peradaban Maya tiba-tiba berakhir dan runtuh pada abad ke-8 atau ke-9 dan masih menjadi misteri hingga saat ini.

Cina

Di lembah Sungai Hoang Ho berkembang kebudayaan Cina Kuno. Peradaban sungai Kuning sekitar 2700 SM merupakan peradaban yang mencatat peradaban sejarah Cina Kuno. Kekaisaran Cina Kuno memiliki sejarah yang paling beragam diantara dinasti Cina yang pernah ada.

Dinasti awal dipimpin oleh Kaisar Kuning yang legendaris dan melahirkan  banyak dinasti yang kemudian memerintah Cina daratan. Beberapa penemuan dari peradaban Cina Kuno ikut menyumbang dunia percetakan, mesiu, meriam, kertas, kompas, dan alkohol.

Yunani

Peradaban Yunani bukanlah termasuk peradaban yang tertua di dunia namun sangat berpengaruh. Kebudayaan Yunani ditemukan di Pulau Kreta yang merupakan kebudayaan Minoa (2700 SM -1500 SM), lahir dari penduduk asli orang Yunani.

Kebudayaan Pulau Kreta menyisakan susunan bangunan tua dengan tata kota yang rapi. Peninggalan kebudayaan Pulau Kreta yaitu istana Knossos, yang begitu indah dan terdapat ruang pertemuan antarmenteri.

Periode peradaban Yunani yang mengubah dunia ini dibagi menjadi dua periode klasik dan Helenistik Archaic. Ciptaan orang Yunani antara lain olimpiade kuno, konsep senat, dan demokrasi.

Tokoh-tokohnya yang terkenal seperti Pythagoras, Socrates, Aristoteles, Plato,  menciptakan dasar modern geometri, fisika, dan biologi yang berpengaruh pada peradaban dunia selanjutnya.

Persia

Negeri Persia terkenal akan kemasyhuran peradaban, estetika, serta kebudayaan yang tinggi. Kota Antik Persepolis dibangun pada masa Raja Darius, yang juga memperkenalkan jalur pelayaran dan sistem uang logam emas dan perak.

Kejayaan Persia dimulai pada masa Raja Cyrus II dan berakhir pada 530 SM saat ditaklukan oleh Alexander Agung.

Peninggalan kerajaan Persia yaitu  kincir angin bangsa Persia antik nan yang merupakan  salah satu kincir angin tertua dalam sejarah.

Selain itu, peradaban Persia juga meninggalkan sistem jendela udara yang menggunakan menara angin. Sistem jendela ini lebih rumit dari jendela modern saat ini.

Romawi

Bangsa Romawi kuno dipekirakan ada sejak 600 SM. Roma diperintah oleh raja, setelah itu  memerintah diri sendiri dan menjadi Republik.

Terdapat beberapa kaisar besar dalam peradaban Romawi yaitu Julius Cesar, Trajan, dan Agustus. Kekaisaran Romawi akhirnya jatuh setelah diserbu orang Barbab dari utara dan timur Eropa.

Peninggalan Romawi masih bisa ditemukan di Itali, yaitu  seni bangun dengan gaya arsitektural yang indah dan kokoh. Salah satunya adalah Amphiteather di Coloseum, yaitu bangunan yang digunakan untuk mempertontonkan adu gladiator.

Aztec

Tahun 1200M-1300 M, adalah kemunculan suku Aztec, pada saat yang sama dengan kejatuhan bangsa Maya. Suku Aztec merupakan bangsa yang besar hingga tahun 1500 SM.

Mereka juga kaya raya dengan timbunan emas, perak, dan bermacam perhiasan yang berlimpah. Peradaban Aztec ini paling berpengaruh di Meksiko dan Amerika Tengah.

Namun kemudian, Spanyol datang berekspansi pada tahun 1521 hingga kerajaan Aztec yang terkenal ini jatuh.

Inca

Inca merupakan salah satu dari peradaban tertua di dunia dan terbesar di Amerika Selatan pada era praColumbus. Wilayahnya membentang di daerah Ekuador, Peru, dan Chile saat ini.

Sejak berdiri pertama kali, Kekaisaran Inca berkembang pesat dan masyarakat Inca pun hidupnya cukup mapan.

Kaisar Inca pertama, Pachacuti, telah melakukan pembangunan besar-besaran dan membangun benteng. Peninggalan peradaban Inca antara lain Moray, laboratorium pertanian di dataran tinggi Ande.

Selain itu situs bersejarah peninggalan tercantik suku Inca, yaitu Machu Pichu.

Referensi:

  • http://www.sejarahdk.com/2015/11/10-peradaban-tertua-dan-terpopuler-di.html
  • http://www.tentik.com/10-peradaban-kuno-tertua-di-dunia/
  • Add Your Comment