Sejarah Perkembangan dan Masuknya Islam di India

Di India, agama Islam merupakan agama terbesar kedua. Terdapat lebih dari 500 juta kaum muslim di seluruh benua India (India, Pakistan, dan Bangladesh).

Ini yang membuat India  menjadi salah satu pusat populasi muslim terbesar dunia.

Agama mayoritas yaitu agama Hindu, 79,62 persen dari total penduduk. Selebihnya masyarakat India menganut agama Kristen Protestan, Katolik, buddha, Sikh, Jainisme, dan Yahudi.

Sejarah Masuknya Islam di India

Penyebaran agama Islam masuk ke India pada abad ke-7 melalui beberapa cara yaitu perdagangan, mendirikan kerajaan dan melalui para da’i yang menyampaikan Islam dengan berdakwah kepada masyarakat di India.

Oleh karenanya, masyarakat Islam dalam perkembangan Islam di India saat itu dapat terbagi dua.

Mereka adalah keturunan asing yang datang ke India membawa agama Islam serta penduduk asli yang berpindah memeluk agama Islam secara bertahap melalui berbagai cara dakwah.

Masuknya agama Islam ke benua India terjadi dalam tiga gelombang. Pada abad ke-8, datang orang Arab, lalu orang Turki pada abad ke-12, dan orang Afghanistan masuk ke India pada abad ke-16.

Di tahun 600, bahkan sebelum masa Nabi Muhammad SAW, pedagang Arab telah berhubungan dengan India. Para pedagang berlayar ke pantai barat India secara teratur untuk berdagang rempah-rempah, emas, dan lainnya.

Saat orang Arab mulai memeluk Islam, mereka juga membawa agama Islam ini ke India.

Masjid pertama India dibangun pada tahun 629 oleh muslim pertama dari India di masa Nabi Muhammad SAW.

Melalui perdagangan selanjutnya antara kaum muslim Arab dan India, akhirnya Islam terus menyebar melalui imigrasi dan konversi di  pesisir dan kota-kota.

Sedangkan penyebaran agama Islam melalui dakwah dari para cendekiawan muslim yang melakukan perjalanan di seluruh India. Banyak yang menggunakan ide Sufi – yang dianggap sebagai pendekatan Islam yang lebih mistis – agar mampu menarik orang-orang.

Para da’i ini sangat berperan dalam menyebarkan Islam di pedesaan, bukan hanya di kelas atas penguasa muslim.

Perkembangan Islam di India

Berdasar Population by Region in India, perkembangan Islam di India melalui empat tahap.

  1. Tahap pertama yaitu masa sebelum Kerajaan Mogul (705-1526).
  2. Tahap kedua, pada masa kekuasaan Kerajaan Mogul (1526-1858).
  3. Tahap ketiga, pada masa Kekuasaan Inggris (1858- 1947).
  4. Tahap keempat, Islam di negara India sekuler (1947-sekarang).

Namun sejak abad pertama Hijriyah, di masa Umar bin Khattab melakukan ekspedisi, Agama Islam telah masuk ke India.

Pada 643 M, orang Arab menaklukkan Makran di Baluchistan.

Kaum muslim melanjutkan ekspedisi ini dan berhasil menguasai Sind pada masa pemerintahan Bani Umayyah.

Akhirnya orang Arab telah menjadi penghuni tetap di sana mulai 871 M.

Mahmud Gaznawi berhasil menaklukkan raja-raja Hindu di India pada 1020 dan membuat mereka memeluk agama Islam.

Setelah Dinasti Gaznawi runtuh, muncullah dinasti-dinasti kecil. Ketika terjadi kekacauan, mereka mengundang Muhammad Babur dari Kabul yang lalu berhasil mendirikan Kerajaan Mogul.

Di masa pemerintahan Kerajaan Mogul ini menjadi puncak kekuasaan umat Islam di India. Perkembangan Islam di India ini muncul dalam seni, sastra, dan arsitektur termasuk istana, vila dan masjid yang indah.

Masjid berlapis mutiara dibangun di masa Syah Jehan dan Taj Mahal, masjid Raya Delhi, serta istana di Lahore.

Selanjutnya di zaman kekuasaan Inggris, sejumlah pemikir muslim mulai memperjuangkan kemajuan umat Islam untuk melepaskan diri dari

Sejak India merdeka pada 15 Agustus 1947, India menjadi negara republik, lalu sejumlah pemikir Islam mulai lahir.

Sejak itu dalam pengembangannya, umat Islam India yang minoritas ini, akhirnya mendapatkan kebebasan dan hidup berdampingan bersama agama lain.

Pola Konversi di India

Pola Konversi masyarakat India menjadi Islam dalam perkembangan Islam di India terjadi secara bertahap.

Hal ini disebabkan sebelum Islam, masyarakat India terpecah berdasarkan sistem kasta, menjadi bagian yang terpisah. Seluruh kasta bisa saja masuk Islam pada suatu waktu tertentu dengan berbagai alasan.

  • Kesetaraan dalam agama Islam dianggap lebih menarik daripada sistem kasta yang rasial. Pada sistem kasta, tidak ada kesempatan untuk mencapai hal yang lebih besar dibandingkan dengan pencapaian orang tua.
  • Dengan beragama Islam, semua orang berkesempatan untuk naik kelas sosialnya dalam masyarakat, tidak lagi tunduk kepada kasta Brahmana. Agama buddha, yang sebelumnya sangat populer di benua India, mati perlahan-lahan di bawah kekuasaan Islam.

Perkembangan Islam di New Delhi, ibukota India

Di New Delhi, umat Islam tidak menjadi minoritas seperti halnya di tempat lain di India. Islam berkembang dengan sangat baik, bahkan umat Islam menjadi pejabat dan anggota dewan serta para cendekiawan di New Delhi.

Pemerintah India juga menetapkan hari libur pada perayaan hari besar agama Islam di New Delhi.

New Delhi menjadi tempat berkumpulnya komunitas Muslim yang cenderung menganut mazhab Hanafi serta sisanya penganut Syiah.

Kesadaran mempelajari Islam mulai menyebar di New Delhi sejak tahun 2000, ditandai dengan munculnya taman pengajian Quran (TPA) yang sangat efektif.

Bukti nyata dari pesatnya perkembangan Islam di New Delhi adalah kehadiran Taj Mahal, yang dibangun pada 1632-1654.

Salah satu keajaiban dunia ini merupakan sumbangan peradaban umat Islam di India, sekaligus menunjukkan kepada dunia bahwa perkembangan Islam di India sudah sangat maju.

Taj Mahal ini adalah lambang kejayaan Dinasti Mogul. Meski beragama Islam, Dinasti Mogul tetap bertoleransi terhadap berbagai agama dan keyakinan lain.

Demikianlah perkembangan Islam di India bukanlah hasil dari kekerasan dan pemaksaan, bukti yang ada tidak mendukung sama sekali.

Meskipun pada akhirnya para pemimpin muslim digantikan oleh raja Hindu di sebagian besar wilayah, masyarakat Muslim tetap dibiarkan apa adanya.

Referensi:

  • http://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-digest/16/08/29/ocnu7v313-4-tahapan-perkembangan-islam-di-india
  • http://kota-islam.blogspot.co.id/2013/01/islam-di-india.html
  • http://hikayat.afahrurroji.net/bagaimana-penyebaran-islam-di-india/
  • Add Your Comment