Tanda-Tanda Kiamat

Semakin hari peradaban manusia semakin maju, bisa dilihat dari teknologi yang berkembang pesat. Majunya peradaban juga terlihat dari sumber daya manusia yang semakin berkualitas dan kompetitif.

Hal-hal di dunia menjadi kian empiris dan rasional. Dalam keadaan seperti ini, memikirkan akhirat adalah sesuatu yang luar biasa terjadi. Karena seringkali manusia teralihkan oleh kesibukan dunia yang tak kunjung selesai.

Padahal ironisnya, tujuan manusia diciptakan itu adalah hanya untuk beribadah, yang mana akan berimplikasi pada kehidupan akhirat nanti. Maka dari itu memikirkan hari akhir adalah sangat penting karena akan meningkatkan keimanan kita.

Hari akhir atau hari kiamat secara harfiah didefinisikan sebagai hari kebangkitan seluruh umat manusia. Di hari inilah apa yang kita miliki di kehidupan dunia tak bisa membantu apa-apa kecuali amal kebaikan. Kiamat itu sendiri terbagi menjadi dua, yaitu kiamat sugra (kiamat kecil) dan kiamat kubra (kiamat besar).

Tanda Kiamat Kecil

Sebelum hari kiamat terjadi, terdapat tanda-tanda yang muncul menjelang terjadinya hari kebangkitan tersebut. Menurut kumpulan Hadits Rasulullah, tanda-tanda kiamat terjadi secara bertahap dan beberapa sudah terjadi. Berikut adalah tanda-tanda kiamat sugra menurut Hadits Rasulullah SAW:

Munculnya Nabi Muhammad SAW

Diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim dan Abu Daud. Rasulullah berkata, “Aku diutus (sebagai Nabi dan Rasul) sedangkan kiamat itu sangat dekat, seperti di dekatnya kedua jari ini.” Di samping itu, Imam Qurtubi pun menjelaskan korelasi hadis tersebut berdasarkan surat Al-Ahzab ayat 40, bahwa tanda-tanda kiamat pertama adalah diutusnya Nabi Muhamad SAW.

Wafatnya Nabi Muhammad SAW

Pada suatu kesempatan, Nabi Muhammad SAW berkata, “Di antara enam tanda-tanda kiamat adalah tibanya kematianku.” (HR. Bukhari). Momen wafatnya Rasulullah adalah momen terberat bagi para sahabat, dunia begitu terasa gelap.

Ibnu Hajar Rahimahullah berkata, “mereka mendapati hati-hati mereka berubah dari yang mereka rasakan ketika masih bersama Rasulullah SAW berupa keharmonisan, kejernihan, dan kelembutan. Hal itu karena mereka telah kehilangan segala hal yang diberikan oleh beliau berupa pangajaran dan pendidikan.”

Bebasnya Baitul Maqdis

Suatu hadits diriwayatkan oleh Auf Bin Maliq ra, Rasulullah bersabda, “Di antara enam tanda-tanda kiamat adalah dibebaskannya Baitul Maqdis.” Setelah Mekkah dan Madinah, Baitul Maqdis adalah kota suci umat islam yang ketiga. Namun sayangnya kota tersebut telah dikuasai oleh Yahudi dan Nasrani.

Munculnya Penyakit Menular

Rasulullah pernah bersabda bahwa di antara 6 tanda kiamat adalah munculnya berbagai penyakit menular yang mematikan. Pada tahun 18 H, wabah penyakit menular telah terjadi di daerah Amwas, Palestina.

Timbulnya Berbagai Fitnah

Imam Muslim meriwayatkan, bahwa banyaknya fitnah yang muncul nanti berasal dari belahan dunia Timur. Rasulullah berkata, “Ingatlah! Sesungguhnya fitnah akan terjadi di sini, suatu saat nanti akan muncul tanduk setan. (HR. Bukhari dan Muslim).

Munculnya Api di Tanah Hijaz

Abu Hurairah meriwayatkan, “Kiamat akan terjadi apabila muncul api dari Tanah Hijaz yang cahayanya menyinari binatang ternak yang berada di Bushra.” Pada faktanya, api itu pernah muncul di tanah Hijaz sekitar pertengahan abad ke-7 Hijriyah.

Dicabutnya ilmu pengetahuan

“Di antara tanda-tanda kiamat yaitu diangkatnya ilmu dan tetapnya kebodohan.” (HR. Bukhari). Dijelaskan oleh Rasulullah yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Ash ra bahwa Allah mencabut ilmu dengan cara mematikan para ulama. Sehingga ketika tidak ada lagi seorang alim, maka akan banyak orang yang mengangkat pemimpin yang bodoh yang menyesatkan.

Wanita Berpakaian Minim

Rasulullah SAW berkata, “akan ada pada akhir zaman dari umat ini kaum lelaki yang berkendaraan mewah, mereka mendatangi pintu-pintu masjid sedangkan kaum wanitanya berpakaian seperti telanjang.” (HR. Hakim).

Jumlah Wanita Lebih Banyak Daripada Laki-laki

Diriwayatkan oleh Bukhari bahwa Rasulullah menjelaskan salah satu tanda-tanda kiamat. Dalam hadits disebutkan bahwa kiamat akan datang di saat jumlah wanita jauh lebih banyak sedangkan laki-laki adalah minoritas.

Hujan yang Lama namun Tak Menyuburkan

Rasulullah bersabda, “kiamat akan terjadi bila manusia terus-menerus dihujani sepanjang tahun, sedangkan tanah tak menumbuhan sedikit pun tumbuhan.” (HR Ahmad).

Tanda Kiamat Besar

Dari sekian tanda-tanda kiamat di atas, hampir semuanya telah terjadi. Namun berbeda dengan tanda-tanda kiamat besar, tanda tersebut belum sekalipun terjadi. Tanda-tanda kiamat Kubra merupakan tanda-tanda yang betul-betul mendatangkan hari akhir. Berikut adalah tanda-tanda kiamat besar:

Matahari Terbit dari Ufuk Barat

Pada kondisi normal, seharusnya matahari selalu terbit dari sisi timur. Namun ketika matahari terbit dari sisi barat, itu mendadakan kiamat besar akan terjadi.

Pada suat hadits, pernah diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim dan Abu Dawud, yang isinya menjelaskan tentang terbitnya matahari dari barat. Rasulullah menyebutkan bahwa tak akan terjadi hari kiamat sebelum matahari terbit dari sisi ufuk barat.

Muncul Hewan Melata yang Bisa Berbicara

Pada surat An-Naml ayat 82 disebutkan bahwa binatang melata akan dikeluarkan untuk mengatakan kepada manusia. Binatang melata tersebut akan keluar dari Mekkah dekat gunung Shafa dan memiliki kemampuan berbicara yang fasih.

Datangnya Imam Mahdi

Imam Mahdi menyerupai Rasulullah dari segi akhlaknya, namun memiliki perbedaan dari segi bentuk dan rupanya. Pada sebuah hadits, dijelaskan bahwa Imam Mahdi akan datang dan memerintah selama 7 tahun. Beliau akan meluruskan kembali sunnah-sunnah nabi yang telah berubah dan menegakkan syariat islam.

Munculnya Dajjal

Sebelum hari kiamat, akan datang dajjal yang akan merusak iman umat islam. Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim bahwa mayoritas pengikut Dajjal adalah bangsa Yahudi. Ia akan mengaku sebagai tuhan dan memperlihatkan kelebihan-kelebihan yang tak masuk akal. Semua orang kemudian akan percaya kepadanya kecuali umat islam yang diteguhkan hatinya oleh Allah SWT.

Turunnya Nabi Isa ‘Alayhis Salam

Di kala Dajjal sedang Berjaya di muka bumi, Nabi Isa As kemudian turun ke bumi lewat negeri Syam. Saat itu Dajjal akan dibunuh oleh Nabi Isa As. Nabis Isa As kemudian menjadi pemimpin yang adil di muka bumi. Semua penduduk di bumi akan makmur bahkan hingga tak ada yang mau menerima sedekah pada saat itu.

Keluarnya Asap

Dari hadits yang diriwayatkan oleh Hudzaifah, diceritakan bahwa akan ada asap yang menyelimuti bumi selama 40 hari. Dengan adanya asap tersebut, akan membawa penyakit pilek kepada umat islam, namun akan membuat mabuk kepada orang kafir.

Terdengar Tiupan Terompet Sangkala

Tanda-tanda kiamat yang terakhir adalah bunyi tiupan terompet sangkala. Dalam surat An Naml ayat 87, “Dan ingatlah hari ditiup sangkala, maka terkejutlah segala yang di langit dan di bumi, kecuali yang dikehendaki Allah.”

Kemudian dari sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra, bahwa Nabi bersabda,

“Tatkala Allah telah menciptakan langit dan bumi, maka dia Dia menciptakan terompet. Dan terompet itu mempunyai sebelas bundaran, kemudian Allah memberikan terompet itu kepada Malaikat Israfil. Malaikat Israfil meletakkan terompet pada mulutnya, namun diarahkan pandangannya ke Arsy, sambil menanti kapan diperintah.”

  • Add Your Comment